Laporan Akhir 1 Modul 1 Percobaan 3

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]



  1. Merangkai dan menguji aplikasi output pada mikrokontroller Arduino
  2. Merangkai dan menguji input pada mikrokontroller Arduino
  3. Merangkai dan menguji I/O pada mikrokontroller Arduino
Kondisi:
Ketik # pada keypad, maka akan muncul angka 12345678 pada LCD


a. Arduino Uno

b. Breadboard

c. Jumper

d. Power USB

Bahan: 
a. Keypad

b. LCD


     3. Gambar Rangkaian Simulasi  [Kembali] 

a. Simulasi dengan Proteus


b. Simulasi dengan Arduino





#include <Keypad.h>

#include <LiquidCrystal.h>


const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris 

const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom 

char keys[ROWS][COLS] = {

{'1','2','3','A'},

{'4','5','6','B'},  //Inisialisasi keypad matriks 4x3

{'7','8','9','C'},

{'*','0','#','D'}

};

byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris 

byte colPins[COLS] = {13, 12, 11, 10}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan 

LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup() {  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali

// Set baris dan kolom  LCD

lcd.begin(20, 4); lcd.setCursor(1,2); lcd.setCursor(4,3); lcd.setCursor(0,0);

}

void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang 

  char key = keypad.getKey();  //Membaca keypad

if (key=='#') //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

{

lcd.print("12345678"); //Menampilkan input dari keypad pada LCD

}

}



Prinsip Kerja Rangkaian

    Pada percobaan 2, komponen rangkaian yang digunakan diantaranya: Arduino Uno, Jumper, Keypad, Breadboard, LCD, dan Power USB sebagai penghubung antara Arduino dengan Komputer.

    Rangkaian dirangkai sesuai dengan kondisi yang diminta, yaitu untuk memunculkan angka 12345678 pada layar LCD saat # ditekan pada Keypad. 

    Kaki-kaki pada Keypad dan LCD dihubungkan dengan kaki-kaki pin Arduino sesuai dengan ketentuan yang ada. Setelah seluruh kaki-kaki nya terhubung, maka dihubungkan melalui USB dengan komputer yang sudah terprogram listing nya seperti yang ada pada lisitng program diatas. 

Analisa

1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing-masing kelompok

Jawab

    Pada listing program percobaan 3, baris kedua dan ketiga mendeklarasikan library yang digunakan, yaitu  Keypad.h dan LiquidCrystal.h. Lalu, pada const byte rows menunjukkan jumlah baris yang ada pada keypad, yaitu 4, begitu pula untuk cols (jumlah baris). Selanjutnya, didseklarasikan matriks inisialiassi/ angka-angka yang ada pada keypad dan pin pada kolom dan baris keypad yang akan digunakan pada arduino dan inisialisasi library pin yang digunakan. 

    LiquidCrystal digunakan untuk mendeklarasikan pin arduino yang akan dihubungkan ke LCD. Fungsi void setup diartikan bahwa semua kode dalam fungsi akan dieksekusi sekali. Lalu, akan dideklarasikan letak kursor yang akan ditampilkan pada LCD. Fungsi void loop berarti semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi secara berulang. Jika pada keypad tombol # dtekan, maka akan ditampilkan angka 123456 pada LCD. 

2. Bagaimana jika pin D4-D7 pada LCD dipindahkan ke pin 0-3

Jawab:

    Jika pada LCD digunakan pin D0-D3, maka data akan berubah menjadi 8 bit. Angkanya akan semakin besar, namun proses yang dilakukan akan sama karena pin 0-3 masih termasuk ke dalam pin MIB.

3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, jelaskan fungsi pin RW, RS, E serta bagaimana menghubungkannya agar LCD dapat menampilkan karakter. 

Jawab:

    Pengaruh V0 terhadap LCD adalah jika tegangan yang masuk ke LCD adalah 0V maka LED pada LCD tidak akan menyala dan tidak akan menampilkan karakter/ angka yang diinginkan. 

a. RW: berfungsi sebagai instruksi untuk membaca atau menuliskan data. Jika kondisi LOW, maka akan menulis data, sedangkan HIGH akan membaca data. RW dihubungkan ke ground.

b. RS: berfungsi sebagai indikator yang menentukan jenis data yang masuk (data atau perintah). RS dihubungkan ke pin A0 dari arduino.

c. E: berfungsi untuk memegang data baik yang masuk atau keluar, untuk mengaktifkan LCD ketika penulisan data ke register control dan register data. E dihubungkan ke pin A1 pada arduino


Download file rangkaian simulasi di sini
Download video simulasi di sini
Download HTML di sini
Listing Program di sini
Library Arduino di sini
Datasheet Arduino Uno di sini
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar